Review, Sinema

Review The Good Liar – Jebakan Penipu Menipu Penipu

Hati-hati dengan kebiasaan berbohong, lama kelamaan akan menjadi suatu karakter di sepanjang hidup anda. Ketika kebohongan-kebohongan tadi terkuak, tinggal rasa penyesalan saja yang bisa diratapi. Seperti yang dialami Roy Courtnay (Ian McKellen) yang selalu menipu orang-orang untuk mencapai tujuannya.

Plot

Film The Good Liar bercerita tentang dua orang paruh baya yang kesepian karena sama-sama ditinggal pasangan. Melalui situs daring Roy Courtnay berkenalan dengan Betty McLeish (Helen Mirren), sorang wanita mantan professor di Oxford University. Betty yang baru saja ditinggal oleh suaminya merasakan kehadiran Roy dapat mengobati rasa sepinya. Apalagi pembawaan Roy yang karismatik serta tutur kata pria itu mampu membuat luluh hati Betty. Wanita itu tidak segan untuk mengajak Roy untuk tinggal bersamanya setelah melihat kondisi apartemennya, yang pada akhirnya tindakan itu lantas ditentang cucu Betty, Steven (Russell Tovey).

Steven yang tidak mempercayai Roy begitu saja diam-diam menyelidiki pria itu hingga meyakinkan Betty untuk tidak mengajak Roy untuk hidup bersamanya, terlebih lagi setelah aset kekayaan Betty digabung menjadi satu dengan Roy. Hingga akhirnya pada suatu kesempatan Betty berhasil membongkar kedok Roy yang sebenarnya.

Adaptasi novel

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Nicholas Searle, film The Good Liar mengangkat kisah dua manusia yang sama-sama berbohong untuk mencapai tujuannya masing-masing. Roy yang berbohong kepada Betty untuk mengeruk harta kekayaan milik perempuan kesepian itu. Sementara Betty memiliki tujuan tersembunyi dari sikap keluguannya.

Misteri karakter yang suram

Sepertiga durasi alur terasa berjalan amat lambat. Barulah di pertengahan mulai terkuak misteri yang menyelimuti antar kedua karakter ini. Karakter Roy yang diperankan sangat baik oleh Ian membuat saya sempat mengernyitkan dahi karena ia tidaklah se-hopeless seperti yang diperlihatkan. Roy berhasil menipu orang-orang yang tidak mengenalnya dengan baik. Bagaimana karakternya terlihat hangat dan karismatik didepan Betty namun terlihat kejam saat dibelakangnya. Sesuai dengan judul dari film ini yang berarti penipu ulung penonton belum bisa menyimpulkan secara instan siapa sesungguhnya yang menipu dan ditipu.

Plot twist yang tidak terduga

Bagi penyuka film dengan genre crime berkonsep penipuan, sepertinya plot The Good Liar terasa biasa saja. Yang menjadikan film ini tidak biasa adalah plot twist yang tidak terduga. Separuh dari durasi film ini penonton barulah bisa menebak siapa sebenarnya yang menipu dan ditipu. Akan tetapi, itu belum seberapa jika melihat menjelang ending film ini. Masa lalu Betty barulah mucul kepermukaan sehingga penonton baru bisa menyimpulkan siapa yang berhasil menipu dan ditipu serta siapa yang merupakan karakter antagonis dan protagonist. Lewat penggambaran masa lalu antara keduanya The Good Liar seperti memaparkan sajian historis dengan Roy dan Betty sebagai pemerannya. Namun demikian, pemaparan-pemaparan itu seolah terlalu dipaksakan untuk segera mengeksekusi akhir daripada film tersebut.

Buat saya film The Good Liar layaknya seperti film-film hustle lain. Mungkin yang membedakan dari kebanyakan film-film sejenis salah satunya adalah penggambaran karakter yang terbilang sepuh tanpa harus menghilangkan unsur sadisnya. Meski memiliki kisah yang cukup berat di akhir, tetapi saya harus akui penampilan McKellen dan Mirren yang begitu hdiup. Dua aktor dan aktris senior ini tampil ciamik dan mampu memberikan roh pada karakter masing-masing. Dan secara keseluruhan film ini masih cukup menghibur untuk disaksikan, terlebih bagi penikmat film bergenre drama dan crime.

Director  : Bill Condon
Writers   : Jeffrey Hatcher, Nicholas Searle(based on the novel by)
Stars       : Helen Mirren, Ian McKellen, Russell Tovey
R
Drama
01:49
2019

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 3]