Sinema

Review Singkat Old – Misteri Pantai Misterius

Menjadi tua adalah keniscayaan. Tetapi bagaimana jika secara proses penuaan tersebut datang secara cepat dan tiba-tiba? Film Old mencoba mengangkat tema tersebut dengan bumbu misteri di dalamnya. Film karya Night Shyamalan ini sempat merajai Box Office Juli 2021 lalu.

Plot

Siapa yang tidak suka liburan ke pantai? Apalagi jika pantai itu terbilang masih perawan, pasti air laut dan pasir disana terlihat jernih. Sepasang suami istri; Guy dan istrinya Prisca serta kedua anaknya berlibur ke sebuah pantai yang terpencil. Tak hanya mereka, ada juga kelompok lain yang datang dan bermain di pantai tersebut. Mulanya tak ada kejadian aneh saat mereka menjejakan kaki di pantai. Suasana yang tadinya menyenangkan mendadak riuh saat Trent, anak laki-laki pasutri tadi menemukan seorang mayat perempuan mengapung. Sembari menjauhkan anak-anak saat para orang tua menyelidiki mayat, muncul lagi kejadian aneh yang menyebabkan mereka semakin keheranan. Mereka menyaksikan anak-anak mereka menjadi remaja, termasuk Alex dan kakaknya, Madox serta Kara, salah seorang anak dari keluarga yang lain.

Kejadian aneh tersebut belum berakhir, mayat perempuan tadi telah berubah menjadi tengkorak. Dari kejadian ini, Prisca berkesimpulan “sesuatu” telah mempercepat metabolisme anak-anak mereka dan pembusukan mayat. Merekapun memutuskan untuk pergi meninggalkan pantai tersebut. Sayangnya usaha mereka selalu gagal, siapapun yang berusaha meninggalkan pantai mereka akan kembali ke pantai tersebut dengan keadaan tak sadarkan diri.

Sama halnya dengan anak-anak, satu persatu orang-orang dewasa yang berada di pantai itu semakin menua. Yang tengah memiliki penyakit, penyakitnya akan kambuh, termasuk Prisca yang saat itu memiliki tengah menjalani pengobatan tumor yang kian lama kian membesar. Lewat bantuan seorang dokter, tumor Prisca berhasil diangkat dan diambil.

Apakah mereka semua bisa selamat keluar dari pantai itu?

Tema misteri andalan Shyamalan

Banyak film yang telah dihasilkan oleh sutradara yang satu ini. Salah satu yang paling terkenal adalah trilogi split. Dibanding film-film sebelumnya, Old terbilang film yang terlihat ambigu buat saya. Banyak kepingan yang masih menyisakan tanda tanya. Seperti proses penuaan yang dialami oleh para orang tua, gigi yang tidak tanggal atau melambatnya fungsi motorik. Saya bisa bilang film Old masih selevel dengan The Happening yang tidak jelas endingnya yang tentu saja salah satu ciri khas Shyamalan.

Karakter pemain yang mudah ditebak

Menempatkan beberapa karakter dan mengumpukannya di sebuah titik. Mungkin seperti itulah kelemahan film ini yang membuat tiga perempat alur film menjadi mudah ditebak. Karakter Prisca yang bekerja dimuseum dan biasa menganalisa usia artefak, Guy yang bekerja sebagai analis keselamatan. Atau karakter Charles yang seorang dokter depresi yang membantu membedah perut Prisca. Selain itu ada juga karakter Jarin dan Patricia, pasangan perawat dan psikolog. Kesemua karakter dengan berbagai latar profesinya itu memang sengaja dikumpulkan untuk memecahkan apa yang sedang terjadi di pantai itu. Seperempat sisa film merupakan twist yang saya bilang ambigu. Bagaimana Trent dan Madox dewasa yang berhasil berenang menuju karang menjauhi pantai lantas tiba-tiba sampai di hotel?

Apapun itu semuanya tentang uang

Seandainya penonton bisa jeli, sebenarnya film ini tentang apa bisa dinukil dari dialog antara Guy dan Prisca saat pertama kali datang ke hotel. Inti sebenarnya dari film ini ialah eksperimen obat yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang gila dengan laba dengan melibatkan manusia sebagai subyeknya. Pantai hanyalah obyek dari eksperimen tadi. Yang hasilnya si obyek malah masih menjadi misteri, sesuai genre, ending yang twist dan masih menjadi misteri.

Director  : M Night Shyamalan
Writers   : M Night Shyamalan, Pierre-Oscar Lévy, Frederik Peeters based on graphic novel Sandcastle
Stars       : Gael García Bernal, Vicky Krieps, Rufus Sewell
PG-13
Mystery, Horror
01:48
2021  
image imdb

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 3]