Sinema

Review Film Ghostbusters Afterlife

Pada tahun 1984 sutradara Jason Reitman membuat film Ghostbusters bergenre supranatural berbalut komedi dan berhasil menjadi salah satu pop culture icon di tahun 80 an. Di tahun 2021, Reitman kembali menggarap Ghostbusters: Afterlife yang boleh dikata adalah kelanjutan dari Ghostbusters I dan II.

Plot

Alur cerita berfokus pada keluarga Egon Spengler (Harold Ramis) yang mewariskan sebidang tanah pertanian yang terbengkalai kepada sang anak perempuannya. Callie (Carrie Coon) ditinggalkan sang ayah semasa mudanya hingga ia tidak mengenal dekat dengan sang ayah. Bahkan anak-anak Callie, Trevor (Finn Wolfhard) dan Phoebe (Mckenna Grace) sama sekali tidak sempat melihat rupa sang kakek.

Dari banyak foto Callie yang terpampang di dinding, barulah ia menyadari bahwa ayahnya sengaja meninggalkannya untuk kepentingan yang lebih besar. Diceritakan bahwa tak jauh dari kota terdapat tambang terbengkalai yang ternyata merupakan tempat sang iblis Gozer tinggal. Dari sini sebenarnya kepingan cerita mulai terbentuk. Ayah Callie sekaligus kakek dari Trevor dan Phoebe tak lain adalah Egon Spengler yang ternyata merupakan anggota dari kuartet Gostbusters.

Reinkarnasi warisan masa lalu

Film ini berkembang menjadi sebuah drama keluarga dimana mempertemukan masa lalu dan masa sekarang. Calllie beserta anak-anaknya menjadi terhubung kembali dengan kenangan bersama sang ayah setelah sekian tahun lamanya berpisah. Cukup masuk akal apabila film ini menjadi sekuel dari seri Ghostbusters 80-an silam setelah tiga puluh tahun lamanya anggotanya menghilang tanpa jejak. Alur ceritanyapun berubah untuk berfokus pada kehadiran sosok Ghostbusters muda.

Munculnya karakter-karakter baru

Ghostbusters Afterlife memperkenalkan karakter-karakter anyar untuk mempertegas alurnya. Trevor dan Phoebe secara tidak langsung menjadi Ghostbusters muda setelah menemukan proton pack milik kakek mereka. Kehadiran Logan Kim sebagai Podcast yang berkarakter serba ingin tahu menjadikan esensi tim Ghostbusters muda semakin lengkap. Ditambah lagi dengan kehadiran Paul Rudd yang berperan sebagai guru fisika Groberson. Kehadirannya menambah unsur komedi pada film ini sehingga memang layak untuk dijadikan sebuah tontonan yang menghibur.

Munculnya karakter-karakter hantu juga menambah unsur supranatural di Afterlife. Hantu Stay Puft Marshmallow raksasa di film silam digantikan dengan Puft Marshmallow sebesar permen. Hantu rakus pemakan makanan “Slimer” digantikan posisinya oleh “Muncher” yang rakus memakan sesuatu yang berlogam.  

Didukung bintang ternama

Ghostbusters Afterlife dibintangi oleh deretan aktor senior; Paul Rudd, Bill Muray, dan aktor lainnya. Namun ada yang sempat mencuri perhatian saat menonton film ini, yaitu kehadiran duo aktris cilik Logan Kim dan Mckenna Grace. Logan Kim sukses memerankan Podcast yang enerjik dan antusias. Kebalikannya karakter Phobe yang diperankan Mckenna malah terlihat datar, apalagi saat melontarkan humor yang terdengar garing. Bahkan secara emosional terlihat dingin. Kombinasi dua karakter yang berlawanan ini justru menjadikan cerita di Afterlife semakin berwarna.

Ghostbusters Afterlife sukses membawa kelanjutan cerita epic film terdahulunya. Afterlife menawarkan plot yang baru lengkap dengan karakter dan bintang-bintangnya. Berbeda dengan Ghostbusters 2016 yang dikecam habis-habisan karena merusak pakem, Afterlife memberikan alur yang masih terhubung dengan kisah silam tanpa harus merasa khawatir karena tidak menontonnya.

Director  : Jason Reitman
Writers   : Gil Kenan, Jason Reitman, Dan Aykroyd
Stars       : Carrie Coon, Paul Rudd, Finn Wolfhard
PG-13
Adventure, Comedy
02:04 
2021

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 3]