Sinema

Review Caliphate – Season I

imdb

Halo, kali ini saya mau review film series Caliphate yang tayang di Netflix. Film berasal dari negara Swedia ini menceritakan sepak terjang ISIS dalam merekrut tentaranya dari berbagai belahan dunia.

Plot

Pasutri yang hijrah

Cerita berawal dari pasangan suami istri Pervin (Gizem Erdogan) dan Husam (Ahmed Bozan) yang hijrah dari Swedia menuju Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Kenyataan ternyata tidak seperti apa yang mereka bayangkan sebelumnya. Disana mereka harus mengikuti semua aturan ketat yang diberlakukan oleh ISIS, jika tidak hukuman sudah siap menanti mereka.

Sementara para suami pergi bertempur sang istri menantinya dengan rasa was-was. Mereka juga harus bersiap menjadi janda untuk dinikahkan lagi apabila suami gugur dalam medan pertempuran. Beruntunglah Husam tidak diharuskan turun ke garis depan, akibatnya ia malah dipercayakan untuk menjadi martir untuk bom bunuh diri.

Dengan tekanan demikian membuat Pervin mengambil keputusan untuk keluar dari wilayah kependudukan ISIS tersebut apapun resikonya. Apalagi ia juga memiliki bayi dan perasaan cemas karena telah membunuh seorang tentara ISIS yang mencoba memperkosanya. Pervin juga diam-diam menjadi informan untuk Fatima (Aliette Opheim), polisi Swedia yang sedang memburu kawanan teroris yang bersiap untuk menebar teror di Swedia.

Brainwash dan perekrutan generasi muda

Ada juga karakter Sulle (Nora Rios) dan Kerima (Amanda Sohrabi) yang berhasil dicuci otaknya untuk bergabung dengan ISIS. Latar belakang keluarga yang minim akan pengetahuan tentang Islam membuatnya untuk lebih mengenalnya lebih jauh lagi. Apalagi Sulle kerap berselisih paham dengan sang ayah mengenai Islam. Kisah Kerima lebih suram lagi. Ayahnya kerap pulang mabuk-mabukan hingga tak segan melakukan kekerasan fisik padanya, suatu saat ada Ibbe (Lancelot Ncube) yang membela sampai menawarkan untuk tinggal sementara di kediamannya. Sulle dan Kerima mengenal Ibbe dengan baik. Apalagi pria itu memiliki kepribadian yang ramah dan hangat. Padahal pria ini sebenarnya mempunyai kepentingan tertentu. Kelak, Kerima diharuskan menjadi martir akibat ulah Ibbe.

Ibbe juga melatih kakak beradik Jacob (Markus Vogeli) dan Emil (Nils Watterholm) serta Miryam (Shada-Helin Sulhav) untuk melakukan serangan di beberapa lokasi. Sedangkan Sulle, Kerima dan Lisha ia bujuk untuk pindah ke Raqqa, Suriah. Akan tetapi, keberangkatan Sulle dan Kerima menuju negara tetangga Turki itu berhasil dihalau polisi.

Terinspirasi dari para jihadin Inggris

Penulis Wilhmem Behrman menuliskan naskah berdasarkan inspirasi dari kumpulan fakta tentang tiga perempuan berkebangsaan Inggris yang kabur dari negaranya untuk bergabung dengan ISIS di tahun 2015 silam. Sebagai pendukung cerita agar terlihat nyata Behrman mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ISIS. Termasuk juga tentang bagaimana ISIS merekrut orang-orang Eropa. Hasilnya, hasil pengumpulan data itu terbayarkan dengan detail-detail yang mewakili keadaan sebenarnya. Pola perekrutan, ketegangan dan kesulitan mencari jalan keluar dari daerah kekuasaan ISIS, serta rencana-rencana teror yang terhubung langsung dengan ISIS. Behrman mampu menyuguhkan dengan apik. Bahkan serial ini mampu memunculkan detail-detail kecil yang presisi, seperti bangunan-bangunan di wilayah ISIS, penataan yang begitu persis, perabotan rumah tangga, dan lain lain.

Dukungan akting dari para pemeran turut juga memberi andil di Caliphate. Pemeran Pervin yang diperankan dengan baik oleh Gizem Erdogan menjadi gambaran perempuan pasif yang tak pernah menjadi pelaku kekerasan malah menjadi korban di kelompoknya sendiri. Mulai kekerasan dalam rumah tangga hingga menjadi korban percobaan perkosaan kelompoknya. Suaminya, Husam, tidak mampu memutuskan untuk tetap bergabung dengan kelompoknya atau pergi keluar dari wilayah kependudukan untuk menyelamatkan keluarganya.

Baru tayang season pertama

Di saluran Netflix, Caliphate baru merampungkan season pertamanya dari delapan episode. Sama halnya dengan Messiah, belum ada info resmi apakah serial ini bakal dilanjutkan kembali. Mengingat beberapa karakter endingnya masih menjadi tanda tanya. Seperti Ibbe yang lantas lenyap setelah Kerima meledakkan dirinya. Ada juga Lisha (
Yussra El Abdouni) yang merupakan adik Sulle yang masih menetap di Raqqa setelah menembak Pervin.

Sebagai tontonan pencerahan Caliphate bisa dibilang film yang cemerlang untuk ditayangkan sehingga wajar beberapa kritikus memberi pujian untuk serial yang satu ini.

Director  : Goran Kapetanovic
Writers   : Wilhmem Behrman
Stars       : Gizem Erdogan, Ahmed Bozan, Lancelot Ncube
R
War, Drama
00:46
2020

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 4]