Blog

Pasar Tanah Abang Macet, Tanda Roda Ekonomi Pasar Bergerak Lagi

Sebagai pasar grosir terbesar se Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang berusaha memenuhi kebutuhan garmen bagi para pembelinya. Pasar yang sempat terkena imbas pandemi Covid-19 ini ternyata masih mampu bertahan beroperasi sampai sekarang. Apalagi setelah dilonggarkannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tahun 2022, pasar yang mulai berdiri sejak 2005 silam ini kembali menunjukan denyutnya setelah sempat mengalami mati suri selama kurang lebih dua tahun.

Hal ini bisa dilihat dari ramainya lalu lintas saat melewati JPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna) Blok G hingga sepanjang jalan menuju Blok A dan B. Kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas di jalan semakin menambah ramai lalu lintas. Belum lagi kehadiran porter dan angkot yang ngetem disepanjang sisi jalan sehingga kemacetan tak bisa lagi dihindarkan.

Bulan Ramadhan di Pasar Tanah Abang

Dibanding bulan Ramadhan sebelumnya, kontras sekali perbedaan yang terlihat, khususnya di Blok A dan B. Tahun lalu selama bulan Ramadhan yang berjejer kebanyakan para pedagangnya saja sedangkan pembelinya tidak ada. Namun sekarang, baik para penjual dan pembeli sama-sama hadir di lokasi yang berarti mulai kelihatan tanda kehidupan roda ekonomi di kawasan padat ini.

Pasar Tanah Abang
Suasana di salah satu lobi Pasar Tanah Abang

Memasuki bagian dalam pasar Tanah Abang Blok A, terlihat cukup ramai, padahal saat itu jam baru menunjukkan pukul 08.30 WIB. Walau beberapa toko terlihat masih tutup, namun tidak pada lantai menuju pintu lobi. Titik ini memang terlihat cukup ramai oleh para pengunjung yang mulai memasuki pasar. Bahkan di salah satu spot terlihat keramaian orang yang tengah berbelanja pakaian. Diketahui gerai yang selalu ramai oleh pembeli ini selalu menjual produk garmen branded ekspor dengan harga terjangkau dibandingkan harga mal.

Kehadiran Gerai Vaksinasi Booster

Kehadiran sentra vaksinasi booster di Pasar Tanah Abang Blok A menjadikan pasar ini semakin ramai oleh pengunjung selama bulan Ramadhan. Vaksinasi yang digagas oleh Polda Metro Jaya ini diharapkan mencegah penyebaran Virus Covid saat masyarakat mudik lebaran nanti.

Gerai vaksinasi Booster di Pasar Tanah Abang Blok A

Acara vaksinasi booster yang dimulai sejak 3 April 2022 ini memang menyasar bagi para pengunjung pasar Blok A yang kebanyakan berasal dari luar Jakarta. Sedangkan vaksin yang tersedia merupakan vaksin berlabel AstraZeneca, Pfizer dan Sinovac yang disuntikkan secara gratis kepada masyarakat. Namun demikian, ternyata bukan faktor gratisnya saja yang menjadi membludak gerai vaksin, namun juga adanya bingkisan bagi mereka yang sudah divaksin. Bingkisan yang dibagikanpun beraneka ragam, mulai dari beras, kopi atau kebutuhan pokok lainnya.  

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]