Blog

Lebaran 2022, Lepas Dari Pandemi Covid Dibayangi Hepatitis

Setelah dua tahun berada dalam bayang-bayang virus Covid, umat Islam di Indonesia akhirnya sedikit bisa bernafas lega untuk menjalankan ibadah Ramadhan tahun ini secara leluasa. Terlihat dari antusiasnya para jamaah yang mengikuti shalat Tarawih dimalam hari, yang puncaknya yakni pada pelaksanaan shalat Ied. Baik mereka yang tua, muda ataupun anak-anak bersemangat menuju lapangan dan masjid untuk segera melaksanakan shalat Ied setelah genap menjalani ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Lebaran 2022
Warga memadati sebuah mesjid untuk melaksanakan Shlat Ied

Jemaah Shalat Yang Membludak

Baik dilingkungan sekitar atau diluarnya, antusiasme umat muslim untuk shalat berjamaah sangat tinggi. Di Stadion Internasional Jakarta (JIS) menjadi saksi antusiasmenya umat Islam Jakarta untuk melaksanakan Shalat Ied yang pertama kali digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tingginya antusiasme masyarakat melaksanakan sholat di JIS membuat jalan dipadati kendaraan. Walau harus berjalan kaki beberapa ratus meter menuju titik pelaksanaan shalat, namun tak menyurutkan semangat mereka untuk melaksanakan shalat yang sempat dibatasi dua tahun kebelakang.

Pandemi Covid Masih Membayangi Di Lebaran 2022

Dua tahun kebelakang pandemi Covid menjadi gorengan renyah di negeri ini. Seperti halnya gorengan yang dijual pedagang, apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan. Sama halnya dengan berita-berita pandemi yang di expose secara berlebihan, yang secara nyata telah berhasil memporak porandakan sektor perekonomian. Kegiatan kantor dan pabrik yang serba dibatasi karena berpotensi penularan, malah semakin menegaskan dari mereka untuk gulung tikar, yang tentunya berimbas pada para pekerjanya untuk siap terjun bebas menuju jurang PHK.

Alhamdulillah, pada lebaran 2022 ini semua aktivitas yang serba dibatasi itu mulai dilonggarkan. Kantor-kantor semula ditutup mulai beroperasi kembali. Pasar-pasar yang semula sepi perlahan mulai ramai oleh para pedagang dan pembeli. Lalu lintas yang tadinya sepi akibat aturan PPKM mulai padat oleh berbagai kendaraan. Perlahan perekonomian negeri ini mulai bangkit dari keterpurukannya.

Akankah Ada Yang Berikutnya?

Covid19 bisa dikatakan sudah mereda pada lebaran tahun ini. Namun kewaspadaan harus selalu dijaga, selalu mengutamakan prosedur kesehatan dimanapun berada. Yang terpenting adalah bagaimana rakyat tetap bisa bisa menjaga kepercayaannya kepada pemerintah. Begitupun halnya peran aktif pemerintah dalam menangani isu-isu seperti ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya kita bisa lebih sigap lagi kedepan, sebab bukan tidak mungkin akan ada lagi wabah-wabah yang akan berkenalan dengan negeri ini. Apalagi tersiar kabar di internet, ditemukan sebuah penyakit hepatitis yang lain dari biasanya yang telah merenggut nyawa tiga orang pasien.  

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 4]