Blog

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merubah kita menjadi orang sukses

pose orang tidur di gentengKebiasaan ternyata mempunyai pengaruh dalam menentukan sukses tidaknya seseorang. Ada beragam cara untuk menjadikan sesorang menjadi kaya. Mengandalkan kerja keras saja tidaklah cukup. Buktinya seorang tukang becak tetap saja menjadi tukang becak padahal telah bekerja  keras sepanjang hari. Tukang sayur berangkat untuk berjualan saat orang masih terlelap tidur hasilnya hanya segitu-gitu saja. Dimana letak salahnya? Apa kerja mereka kurang keras? Kita mungkin berpikir seorang milioner memiliki kekuatan super atau rahasia istimewa yang menjadikan mereka mencapai status milionernya, tapi ternyata tidak. Kalau kita sedikit menggali kebiasaan mereka, yang anda temukan adalah bahwa banyak dari mereka melakukan beberapa hal yang sama. Yaitu menerapkan pola kebiasaan secara konsisten. Kebiasaan ini tidak memerlukan perubahan secara dramatis, hanya mengandalkan kekuatan komitmen kita untuk melakukannya. Memang tidak ada korelasi langsung atau jaminan status jika anda menerapkan kebiasaan ini akan merubah kita menjadi kaya. Tapi, anda akan jauh lebih mungkin untuk menjadi lebih produktif dan lebih sukses di masa depan jika mau berkomitmen terhadap 9 kebiasaan berikut ini.

  1. Belajar
    Banyak milioner tidak pernah berhenti belajar dan tentu saja tidak memerlukan setting formal untuk mengembangkan keterampilan mereka. Mereka seperti murid yang haus akan belajar, belajar dari kejadian terkini dan berusaha mengembangkannya dari hal yang dipelajari. Mereka berusaha memahami masalah yang ada di sekitarnya dan terus menerus penasaran-bagaimana cara kerjanya, bagaimana bisa lebih efisien, apa itu dan bagaimana bisa membuatnya lebih baik? Kalau saja Anda berkomitmen untuk mempelajari sesuatu yang baru di industri anda setiap hari, tindakan anda akan dapat mengemulasi apa yang orang-orang sukses lakukan.
  2. Banyak baca
    Orang-ornag seperti Oprah Winfrey hingga Warren Buffet atau Bill Gates adalah tipe pembaca rakus. Winfrey memimpin sebuah klub buku, Buffett menghabiskan sampai 80% waktunya membaca dan Gates membaca sekitar 50 buku setahun. Hal ini membantu mereka untuk terus mengasah ketrampilan mereka, terus mengikuti perkembangan industri dan belajar dari orang lain.
  3. Mereka tidak selalu menerima kata “Tidak” sebagai jawaban
    Agar fokus pada prioritas mereka yang paling penting, milioner mengatakan tidak pada hal-hal yang sekiranya tidak membantu mencapai tujuan mereka. Namun, dilain sisi mereka juga sesekali akan menerima jawaban “tidak” dari rekan kerja, vendor atau karyawan jika mereka yakin ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesuksesan.
  4. Tabah
    Kebanyakan milioner telah merasakan pahitnya kegagalan. Mereka melihat kegagalan itu seperti kerikil yang menghadang di tengah jalan saat mengemudikan kendaraan sukses mereka. Saat menemui hambatan tersebut, mereka akan berusaha melintasinya dengan hati-hati untuk mencapai tujuan, itulah mengapa mereka tidak pernah berhenti. Mereka mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut dan terus berjalan.
  5. Memulai segalanya lebih awal
    Pernah dengar ungkapan yang mengatakan; “jangan bangun siang, ntar rejeki lu dipatok ayam”? Banyak milioner memanfaatkan waktu mereka secara efektif yang artinya mereka bangun lebih awal dari biasanya. Jack Dorsey si pencipta Twitter bangun jam 5 pagi untuk berolahraga dan bermeditasi. Richard Branson bosnya Virginia bangun jam 5:45 pagi juga untuk berolahraga. Bahkan jika Anda lebih tua dari Mark Zuckerberg, anda masih bisa meraih kesuksesan dengan hanya membutuhkan tindakan hari ini.
  6. Berolahraga
    Ada anggapan tentang pentingnya latihan fisik untuk membantu pikiran dan tubuh anda untuk berada di puncak sukses. Richard Branson mengklaim bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat menambah empat jam tambahan produktivitas setiap harinya. Mark Cuban, si pemilik Dallas Maverick menyediakan satu jam sehari untuk latihan kardio. Seorang yang sukses tidak hanya garang di ruang rapat, mereka juga mendorong diri mereka secara fisik. Secara ilmiah, berolahraga tidak hanya memperbaiki kesehatan dan mengurangi stres, tapi juga bisa membantu memusatkan perhatian, meningkatkan kreativitas dan membuat anda lebih baik dalam tugas multitasking.
  7. Berani mengambil risiko
    Alih-alih mengikuti arus perusahaan, milioner tidak takut untuk bersebrangan dengan apa yang orang lain lakukan untuk jalan mereka sendiri, terlebih lagi jika ada ada penentang yang vokal. Mereka ini adalah antimaintreamer dalam menunjukkan cara baru untuk memberikan layanan yang orang lain tidak mau keluar dari jalur konvensionalnya .
  8. Rutinitas
    Orang sukses selalu melakukan rutinitas. Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan untuk menjaga hal-hal kecil sehari-hari yang dapat mengacaukan pikiran mereka. Apakah dengan cara meditasi atau bersyukur. Ada alasan seragam harian Steve Jobs adalah jeans dan turtleneck hitam dan Mark Zuckerberg mengenakan kaos abu-abu setiap hari. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu atau energi yang berharga untuk berbelanja atau memikirkan apa yang akan dikenakan.
  9. Kelilingi diri anda dengan berprestasi tinggi
    Seorang motivator seperti Jim Rohn mengatakan, “Anda adalah rata-rata dari 5 orang yang paling sering anda luangkan waktunya.” Jika mereka bergaul dengan pemain kekuatan lainnya yang lain lebih tinggi mereka akan belajar dari satu sama lainya.Jika anda ingin meningkatkan kesuksesan hari ini maka saatnya untuk mulai bertindak seperti milioner. Pilih satu atau beberapa kebiasaan ini dan mulailah pada jalan menuju kesuksesan sekarang juga.

Terima kasih sudah membaca postingan saya. Semoga kita bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini dan bisa menjadi lebih sukses dari mereka semua.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]