Blog

Aplikasi Pintu Error!

Banyak platform jual beli cryptocurrency yang saat ini beredar di internet, salah satunya adalah aplikasi Pintu. Aplikasi yang menurut saya cukup sederhana dalam penggunaannya ini Selasa malam sempat mengalami gangguan. Gangguan terjadi mulai tidak bisa diaksesnya aplikasi hingga melakukan transaksi jual beli crypto itu sendiri. Mengetahui status error tersebut beberapa penggunanya bahkan terlihat panik saat melihat saldo crypto mereka mendadak menjadi 0. Mereka juga sempat menanyakan perihal status error ini dengan saldo mereka yang tiba-tiba berubah menjadi 0 tersebut kepada customer support Pintu.

Pemeliharaan sistem

Setelah beberapa saat kemudian, melalui akun twitternya Pintu menginformasikan perihal status error tersebut terjadi karena mereka sedang melakukan pemeliharaan sistem. Namun, tidak dijelaskan secara rinci mengenai pemeliharaannya sehingga membuat semakin khawatir para penggunanya. Setelah menunggu beberapa jam barulah pihak Pintu men-tweet kembali bahwa status Pintu telah kembali normal untuk dipakai transaksi. Meski demikian, rasa was-was masih menghantui para penggunanya.

Tanpa pemberitahuan sebelumnya

Pemeliharaan/maintenance sistem memang harus dilakukan oleh setiap exchanger, tetapi ada hal-hal yang seharusnya dilakukan agar tidak menimbulkan kepanikan dan keresahan para penggunanya, salah satunya adalah mengantisipasinya agar kejadian serupa tidak terulang. Antisipasi bisa dilakukan dengan memberi informasi terlebih dahulu jika akan melakukan pemeliharaan sistem mereka.

Nilai C untuk pelayanannya

Kejadian yang saya alami adalah ketika berhasil menarik uang dari dompet rupiah untuk dicairkan ke rekening. Sampai saat ini saya belum menerima dana tersebut. Memang prosesnya butuh 1 x 24 jam hingga dana masuk ke rekening pribadi, tetapi jumlahnya juga tidak banyak, bahkan masih printilan. Untuk yang satu ini diperlukan kesabaran tinggi apalagi saat sedang butuh-butuhnya itu uang.

- Semoga slogan ini tetap konsisten -

Kenapa saya beri nilai C? Saya coba jawab yah. Bayangkan ketika kita akan membeli barang dengan tingkat ke-urgensi-an yang tinggi, ketika menanyakan perihal barang tesebut, tidak ada jawaban sama sekali dari si penjualnya. Barulah beberapa jam kemudian kita dapat informasi dari si penjual. Alih-alih melayani 24 jam, saya harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan sebuah jawaban yang seharusnya bisa dijawab dengan singkat.

Melirik yang lain?

Pertanyaan yang sampai saat ini jawabannya masih saya pertimbangkan, mengingat selama tiga bulan ini saya telah menggunakan Pintu dengan zero error-nya. Ada baiknya juga sih untuk melihat-lihat exchanger lain yang lebih bagus dari segi pelayanannya. Saya berharap semoga kedepannya Pintu bisa mengatasi semua kendala-kendala demikian tadi dengan lebih baik lagi. Salam cuan!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]