Review The Strange House (Das Schaurige Haus)

credit imdb

The Strange House adalah film asal Jerman yang berjudul asli Das Schaurige Haus dan telah diris oleh Netflix di bulan Mei 2021. Film ini dikategorikan sebagai film keluarga karena ceritanya yang tidak seangker judulnya.

Plot

Film berputar di sekitar kehidupan seorang single parent mom Sabine serta kedua putranya Hendrik dan Eddi . Sepeninggal kematian sang ayah, mereka terpaksa pindah dari kota di Jerman ke sebuah desa di selatan Austria. Alasannya klasik saja, biaya hidup di kota yang terlalu mahal dibandingkan jika tingal di desa. Sebuah alasan yang wajar untuk kaum kotaan, seperti halnya juga kebanyakan penduduk kota-kota di Indonesia yang terjadi sekarang ini.

Mitos rumah tua dan sejarahnya

Hal yang terlintas pertama kali saat akan menempati sebuah rumah tua adalah sejarah dari rumah tersebut. Eddi (Benno Rosskopf) yang kedapatan oleh sang kakak Hendrik (Leon Orlandianyi) sleep walking sambil menulis di dinding.

Ada juga kejadian pintu loteng yang ditaburi garam hingga foto keluarga Sabine yang tiba-tiba berubah menjadi foto keluarga yang pernah menempati rumah sebelumnya. Sampai akhirnya mereka sadar bahwa rumah mereka berhantu. Dengan bantuan kedua teman barunya, Ida (Marii Weichsler) dan Fritz (Lars Bitterlich) maka terungkaplah kisah seorang ibu yang mati bunuh diri di rumah itu setelah meracuni kedua putranya dengan jamur pada tahun 1980.

Horor keluarga yang tidak spooky

The Strange House mengikuti konsep seperti film horor lain akan tetapi pada saat yang sama tidak menampilkan karakteristik film horor pada umumnya, seperti jump scares yang ternyata nol besar.

Jadi tak heran jika film ini dikategorikan sebagai film keluarga, dominasi pemeran anak-anak yang berperan seperti ghostbusters atau tidak berkedip saat melihat hantu.

Walau diselipkan scene kerasukan dan penampakan, film ini tetap tidak seseram seperti apa yang dibayangkan. Sepertiga filmnya memang cukup menjanjikan. Seperti adanya adegan saat tiba di rumah baru yang terlihat spooky

Namun selebihnya, seperti film-film horor yang enjoyable. Sepertinya diperlukan banyak usaha dari sang sutradara untuk membuat film horor ini agar tidak terlihat seperti film komedi, bisa jadi karena latar film yang diadaptasi dari novel anak.

Konklusi

The Strange House memang bukanlah sebuah film yang dinanti-nanti oleh para penggemar genre horor. Alur ceritanya yang datar serta mudah ditebak hanya mampu menjadikan film ini sebagai hiburan keluarga untuk pengisi liburan. Adanya karakter Fritz yang diperankan gemilang oleh Lars Bitterlich setidaknya mampu menutupi plot cerita yang terlihat datar tadi.

Director  : Daniel Prochaska
Writers    : Marcel Kawentel, Timo Lombeck, Martina Wildner (novel)
Stars         : Benno Rosskopf, Marii Weichsler, Lars Bitterlich, Leon Orlandianyi
Mistery, family, drama
13
1:39
2020 
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 3]

About the author: admin

Related Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!