Review Film A Classic Horror Story

credit: imdb

Netflix merilis lagi film bergenre horor di channel hiburannya, Film horor asal Italia yang bertajuk A Classic Horror Story ini memang dijadwalkan akan tayang bulan Juli 2021, jadi pas sekali sebagai teman tontonan selama menghabiskan masa PPKM yang ppkm (pelan-pelan kantong menipis).

Plot

Ceritanya sih, tipikal film horor Amerika begitu deh. Sekelompok orang yang mau menghabiskan waktu liburan mereka dengan camper van ke sebuah desa yang cukup terpencil. Mereka membawa drama kehidupannya masing-masing saat bepergian. Ada Elisa (Matilda Anna Ingrid Lutz) yang mau menjalani operasi sehingga kerap dihubungi ibunya, Riccardo (Peppino Mazzotta) yang dokter, Fabrizio ( Francesco Russo) seorang vlogger yang berambisi menjadi seorang sutradara serta pasangan Sofia (Yuliia Sobol) dan Mark (Will Merrick). Lantas dalam perjalanan mereka mengalami kecelakaan sampai tak sadarkan diri. Saat mereka sadar, mereka tersesat di suatu daerah antah berantah yang penghuninya berperilaku sangat kejam.

Kombinasi horor Hollywoood

Jika pernah menyaksikan film-film Hollywood macam Hills Have Eyes atau Texas Chain Massacres dan sejenisnya, film ini bisa dikatakan mirip-mirip seperti itu ceritanya. Mungkin sang penulisnya terinspirasi dari film-film horor Hollywood sana, that’s why they named with A Classic Horror Story.

Korelasi legenda dan horor

Kenapa setiap film horor selalu dikorelasikan dengan mitos atau legenda yang berkembang di daerah setempat? A Classic Horror Story mengangkat legenda tentang tiga orang biarawan yang meletakkan hukum-hukum moralitas di desa tersebut lalu mengimplementasikannya sesuai kondisi masa sekarang. Hanya saja implementasi aturan-aturan yang diciptakan oleh tiga orang ini disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka munculah ritual-ritual menyesatkan yang menuntut korban manusia.

Panas di awal dingin di akhir

Prolog film yang mempertontonkan adegan seorang perempuan terikat di meja dengan mulut tersumpal serta mata terbelalak memang cukup menjanjikan. Selanjutnya adegan perjalanan yang akhirnya membawa orang-orang ini ke sebuah desa terpencil semakin menguatkan bahwa film Italia ini bisa mampu bersaing dengan film horor besutan sineas Hollywood sana. Belum lagi gore scene yang bikin bulu kuduk berdiri. Maka tak heran jika film ini banyak menyuguhkan adegan-adegan berdarah yang tak kalah hebat dengan serupa. Sayangnya, plot yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. 

Klimaks twist

Dari awal sampai pertengahan film memang membuat saya makin penasaran apa yang bakalan terjadi dengan orang-orang ini. Namun sayangnya, akhir film tidak seperti apa yang saya harapkan. Maka terjadilah twisted di film ini. Tokoh yang saya kira protagonis malah sebenarnya dialah dalang penyebab keseluruhan terjadinya kekacauan ini. Dan yang paling mengenaskan adalah klimaks yang anti mainstream dengan dalih rating dari sebuah channel milik sang tokoh. Dari semula seharusnya sih bisa diterka akan si karakter ini, karena ada beberapa easter eggs yang sengaja ditampilkan di dialog tentang siapa si prota dan anto, sayangnya saya tidak ngeh.

Konklusi

Kalau saja sang sutradara lihai menempatkan permainan cerita dengan baik, A Classic Horror Story bisa dibilang klasik yang menghibur. Akting para pemain yang cukup baik bisa penambah formula untuk bisa menjadi menghibur tadi. Karakter Elisa yang terlihat lemah karena sesungukan terus-terusan sepanjang film ternyata mampu juga  menghabisi sang dalang dengan kejamnya. Sayangnya, ya tidak seperti yang dibayangkan. Masih ada bagian yang belum tertuntaskan di film, seperti nasib sang ibu si dalang dan para penduduknya. Pada kesimpulannya A Classic Horror Story bisa menjadi salah satu referensi film Horor Italia dari sekian banyaknya film bergenre sama yang selama ini tengah bersliweran di Netflix.

Director  : Roberto De Feo, Paolo Stripoli
Writers    : Lucio Besana, Roberto De Feo, Paolo Stripoli
Stars         : Matilda Ingrid Lutz, Peppino Mazzotta, Francesco Russo, Yuliia Sobol, Will Merrick
Horror, thriller, mystery, gore
R
1:35
2021 
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 4]

About the author: admin

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!