Kriteria Suatu Negara Berdasarkan Urban Legend

from pixabay.com

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak ada definisi resmi untuk penetapan suatu wilayah atau negara “maju” dan “berkembang”. Umumnya istilah negara maju dan berkembang banyak disebutkan mengacu pada kondisi social ekonomi negara tersebut.

Definisi

Suatu negara bisa dibilang maju apabila memiliki standar hidup tinggi dengan perekonomian merata. Pola pikir masyarakatnya yang telah berwawasan. Penggunaan teknologi yang berkembang dan telah diimplementasikan di berbagai sector. Selain itu juga negara maju telah melaksanakan penegakan hukum secara baik.

Sementara negara berkembang, jika dilihat dari sector ekonomi rata-rata pendapatan ekonominya masih relatif rendah, dan indeks perkembangannya tercatat di bawah standar normal global. Pola pikir masyarakatnya yang baru berkembang, bahkan ada beberapa yang terbelakang. Penggunaan teknologi yang belum diimplementasikan secara merata diberbagai sector. Dan tentunya dalam bidang penegakan hukum masih jauh dari harapan.

Menilik berdasarkan urban legend

Suatu negara bisa digolongkan kedalam negara maju dan berkembang jika dilihat berdasarkan cerita legenda masyarakatnya. Urban legend merupakan mitos yang sering kali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor atau kisah moral. Tidak mesti bohong atau benar, namun kisahnya disebarkan dari mulut ke mulut.

Negara maju legenda urban umumnya didominasi oleh kehadiran mahluk-mahluk berwujud setengah manusia atau hantu. Adanya mahluk yang dihasilkan dari perubahan manusia ke wujud lain, misalnya cerita Vampire atau werewolf yang terkena gigitan manusia yang telah dikutuk. Atau juga mahluk goblin yang wujudnya seperti monster berhidung dan bertelinga panjang yang kerjanya mencuri uang atau emas milik seseorang.

Sedangkan legenda urban negara berkembang umumnya didominasi oleh hantu-hantu yang absurd wujud dan rupanya dan berjumlah cukup banyak. Ada kuntilanak, pocong, sundel bolong, suster ngesot, genderuwo dan lain-lain. Mahluk lain yang bisa berubah wujud biasanya dari golongan babi ngepet yang bertugas mencuri uang. Atau ada juga tuyul yang kerjanya sama dengan babi ngepet.

Nah itulah kriteria negara maju dan berkembang jika dilihat berdasarkan legenda urban negara setempat. Kalau di tempat kamu legenda urban apa yang terkenal?

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 2]

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!