Press "Enter" to skip to content

Netflix sudah bisa dinikmati pelanggan Indihome & Telkomsel, tapi…

Per tanggal 7 Juli 2020, tayangan Netflix sudah bisa diakses melalui jaringan Indihome dan Telkomsel. Seolah tidak percaya akhirnya saya tes juga melalui jaringan Telkomsel ini. Apa benar berita yang sedang ramai-ramainya itu? Pasalnya selama ini operator media telekomunikasi tersebut memang menyatakan tidak akan membuka akses Netflix dengan berlatar alasan konten.

Sebagai alat persaingan ampuh operator

Bisa dibilang bahwa Netflix merupakan alat persaingan antar operator seluler untuk merebut hati para pelanggannya. Dari sekian banyak operator yang beroperasi di Indonesia, hanya Telkom Group saja yang masih memblokir tayangan dari Netflix dengan dalih konten yang ada di Perusahaan tersebut tidak sejalan dengan visi Telkom. Dan kini terlihat Telkom akhirnya harus “menyerah”mengikuti seperti operator lain yang terlebih dahulu membuka akses Netflix.

Bicara konten, kita memang bisa filter dengan batasan usia. Masalahnya apakah standar usia yang layak tonton atau tidak seragam antara negara kita dengan luar?

Memang saya akui, selama saya berlangganan Netflix, ada banyak konten yang menurut ukuran ketimuran banyak “melengseng” tuh, apalagi jika konten tersebut sejenis film-film remaja. Dan seperti yang bilang sebelumnya mengenai standar usia, gaya pergaulan remaja “sono” standar nggak sama yang “di sini?”. Dan ini bakal menjadi pekerjaan berat buat para operator, tidak hanya Telkom saja.

Andaikata Telkom telah membuka layanan Netflix saat lockdown kemarin, saya bisa perkirakan keuntungan yang bakal mereka dapatkan dari setiap pelanggannya.

Kewenangan pengguna akun

Di Netflix sebenarnya bisa dibatasi penggunaannya berdasarkan kriteria usia. Seperti tayangan di Youtube bisa dibatasi penggunanya apakah tontonan tersebut layak di tonton atau tidak untuk seusia yang bersangkutan. Alhasil jika memang pelangganya seorang dewasa, ia bisa membuat satu atau dua “user” di akun Netflix khusus untuk mereka yang masih di bawah umur. Otomatis tayangannya dalam akun tersebut akan menyesuaikan usia pengunannya.

Pembayaran untuk berlangganan Netflix selama ini yang saya ketahui adalah lewat kartu kredit. Dan tidak semua rakyat Indonesia memiliki kartu hutang ini.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *