Press "Enter" to skip to content

Murder Mystery review yang tayang di Netflix

Mendengar nama Adam Sandler maka pertama yang terlintas dibenak saya adalah gaya komedinya yang terkesan malas, kasar namun kena. Di film Murder Mystery, ia kembali reunian dengan Jenifer Aniston setelah film Just Go with It (2011) silam. Film Murder mystery berkisah tentang pasangan suami istri yang sedang pergi berlibur dan harus berhadapan dengan peristiwa pembunuhan yang menyeret keduanya sebagai pelakunya. Film yang direlase oleh Netflix ini telah tayang di saluran tersebut sejak Juni 2019 lalu.

Rating:PG-13 (for bloody images, crude sexual content, and language)
Genre: Comedy, Mystery & Suspense
Directed By: Kyle Newacheck
Written By: James Vanderbilt
On Disc/Streaming: Jun 14, 2019
Studio: Netflix

Plot

Nick Spitz (Adam Sandler) adalah seorang petugas polisi yang mencoba untuk memanjakan istrinya Audrey (Jenifer Aniston) dengan mengajaknya berlibur ke eropa. Gagal kesekian kali mengikuti tes untuk menjadi seorang detektif tidak menjadikan Nick berhenti untuk menyelidiki suatu misteri. Hingga akhirnya datanglah kesempatan tersebut saat mereka diajak untuk plesiran mengarungi laut eropa dengan kapal pesiar milik seorang bangsawan Ingrris Charles Cavendisyh (Luke Evans). Saat itu dirinya tidak menyangka bahwa plesiran di kapal tersebut sebenarnya adalah acara pertemuan keluarga Malcom Quince (Terence Stamp) yang hendak membagikan harta warisannya saat wafat kelak. Berbekal ajakan Charles, mau tidak mau mereka harus berbaur dengan kaum jet lainnya, termasuk Malcom yang menanyakan perihal kehadiran mereka di pertemuan tersebut. Situasi kian memanas ketika Malcom dibunuh sesaat setelah pengumuman pembagian warisan. Orang-orang yang berada di ruangan saat acara tersebutpun menjadi tersangka pembunuh Malcom. Berbekal pengetahuan detektif ala kadarnya, Nick pun menyarankan untuk segera menghubungi kepolisian terdekat. 

Sesampai di darat, semua orang yang berada di kapal tersebut diinterogasi Inspektur Delacroix (Dany Boon). Mulai dari kekasih Malcom, anggota keluarga, hingga tamu-tamunya, termasuk Nick dan istrinya. Keadaan semakin runyam, saat Delacroix memojokkan Nick dan istrinya yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan keluarga Malcom. Apalagi saat peristiwa pembunuhan terjadi, Nick mengaku sebagai seorang detektif kepolisian. Kesempatan yang diambil mereka berdua untuk berlibur maksimal dengan biaya minimal menjadi motif keduanya untuk membunuh Malcom.

Komedi sit-com

Menonton film ini tak wajib untuk diseriusi. Wajar saja karena ada nama Adam Sandler yang menjadi bintang utama di film ini. Seperti film-filmya yang lain, humor kasar yang disampaikan Sandler masih kental kerasa di film ini. Adegan konyol saat Kolonel Ulenga (John Kani) mencabut dan menancapkan pisau kembali dari dada Malcom sesaat ia mati, misalnya. Atau saat Nick mengulang kata-kata Dick milik Kolonel Ulenga saat Sergei (Ólafur Darri Ólafsson) bercerita tentangnya. Paling tidak bumbu-bumbu semacam ini tidak berasa hambar berkat kehadiran Aniston yang menjadi lawan Sandler. Emosi sit-com Aniston yang kuat melengkapi kekompakan keduanya untuk menjadikan film Murder Mystery ini masih layak ditonton.

Dari segi misteri tidak ada yang istimewa, kecuali saat pembunuh sebenarnya terungkap. Jangan coba bandingkan dengan cerita-cerita misteri lain ya, namanya juga film komedi yang berbalut misteri, bukan sebaliknya.

Bertabur bintang

Walau Adam Sandler dan Jennifer Aniston yang tampil di film ini. Masih ada sederatan nama besar beberapa aktor yang sebenarnya bisa membuat film ini menjadi lebih menarik. Luke Evans, atau si cantik Gemma Arterton, misalnya. Kedua artis peran ini sebenarnya sudah punya pengalaman yang luar biasa dalam memainkan sebuah film. Sayangnya tidak mampu mendongkrak film ini menjadi tontonan berkelas walau sudah dilengkapi dengan British accentnya mereka. Tapi setidaknya film ini masih bisa dijadikan tontonan ringan buat mereka yang suka Adam Sandler dan Jenifer Aniston.

Satu lagi, film ini tidak tayang di bioskop, namun cuma ada di layanan streaming Netflix.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *