Press "Enter" to skip to content

Jangan coba-coba bersihkan mata rotring kalau..

Tentang rotring

Pulpen satu ini merupakan jenis pulpen yang termasuk kedalam kategori technical pen yang biasa digunakan untuk menggambar arsitektur atau gambar rancang bangun. Gambar rancang bangun memerlukan tingkat presisi yang tinggi dan technical pen dibuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentu diluar sana banyak pulpen serupa dengan merk ini, tetapi pada kenyataannya merk rotring lah yang paling umum wara-wiri di pasaran untuk segmen technical draw. Saat duduk dibangku SMA dan kuliah dulu, saya sering memakainya untuk menulis. Tidak tahu kenapa, entah sugesti atau bukan, tulisan memang terlihat lebih terbaca jelas oleh orang lain dengan memakai pulpen ini, padahal saat kuliah pun bukan ambil jurusan teknik ..he..he . Sampai sekarang, pulpen ini masih saya pakai untuk menulis catatan kegiatan kantoran.

Biasa buat corat coret

Variant

Sejauh pengamatan saya, setidaknya ada tiga jenis varian dari pulpen ini. Rotring isograph, rapidograph dan rotring variant. Secara fungsi, kesemuanya mempunyai banyak kesamaan, tetapi secara fisik terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara satu dengan yang lainnya, saya akan membahasnya pada kesempatan lain. Untuk pulpen yang saya pakai selama lebih dari 20 tahun termasuk jenis isograph. Termasuk awet bukan? Sepanjang kurun waktu tersebut saya sudah mengganti sebanyak tiga kali mata pulpen tersebut.

Perawatan

Tidak seperti pulpen lain, rotring memiliki mekanisme yang berbeda, cara kerjanya mirip-mirip seperti mesin tato. Pada ujung nib (mata pena)-nya terdapat jarum halus yang berguna untuk mengeluarkan tinta dari cartridge (tabung tinta). Disamping keunggulannya yang punya tingkat presisi yang tinggi ternyata ia juga memerlukan perawatan khusus agar performanya tetap maksimal.

Nib – (jarum halus yang mengarah ke bawah)

Perawatan rotring terbagi atas penggunaan, penyimpanan, dan cara membersihkannya. Kapan pulpen harus kita bersihkan? Yaitu saat pulpen tidak lagi mengeluarkan tintanya sedangkan tinta pada cartridge masih banyak. Selain itu pulpen harus dibersihkan apabila tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Akibat sotoy

Sotoy didefinisakan sebagai sifat sok tau lo ya – wikigaul

Ini akibatnya jika ada rasa sotoy di diri kita. Maksud hati mau membersihkan nib pulpen, lepas dari cartridge dibersihkan sampai bersih dengan air hangat. Ketika akan memasukkan kembali nibnya secara grasa grusu malah bengkok. Ketika dipaksakan, malah patah. Padahal bagian yang satu ini sangat rentan tingkat kerapuhannya.

Nib yang telah patah

Nib yang bengkok ini tidak bisa diluruskan kembali seperti sediakala.

Dan akhirnya, kembali membeli nib yang baru. 🙁

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *