Press "Enter" to skip to content

Avengers: Endgame, tetap seru meski ada yang dikorbankan

Avengers endgame - imdb

Rating:PG-13
Genre:Action & Adventure, Science Fiction & Fantasy
Directed By:Anthony Russo, Joe Russo
Written By:Christopher Markus, Stephen McFeely
In Theaters:Apr 26, 2019 
Runtime:182 minutes
Studio:Marvel Studios

Pada film Infinity War, dimana kejadian setelah Thanos berhasil mendapatkan semua infinity stones dan memusnahkan 50% populasi mahluk hidup di alam semesta. Avengers: End game merupakan film yang paling paling dinanti oleh penikmat sinema Marvel Cinematic Universe. Film ini sendiri merupakan penutup fase ketiga dari keseluruhan fase yang ada di Marvel Cinematic Universe. Kalau sudah fase ketiga, dimana fase-fase sebelumnya? Untuk lebih jelasnya mengenai film-film yang sudah beredar dan masuk pada fase keberapa, anda bisa klik link berikut ini.

Sinopsis

Pada Avengers: Infinity War sebelumnya, dikisahkan Thanos (Josh Brolin) berhasil mengumpulkan ke enam infinity stones yang tersebar di semesta sehingga keinginannya untuk melenyapkan setengah populasi mahluk hidup yang ada di semesta musnah akibat jentikan jarinya. Bumi adalah planet yang paling berdampak akibat jentikan jari Thanos ini. Disamping para jagoan Avengers yang turut serta kena imbasnya, ada juga yang masih tetap hidup namun harus merelakan orang-orang yang dicintainya. Hal ini dirasakan oleh Hawkeye (Jeremy Renner) yang secara tiba-tiba harus kehilangan keluarganya. Di luar angkasa, Tony Stark; Iron man (Robert Downey Jr) berusaha mencari cara untuk bisa kembali ke bumi dengan hanya ditemani Nebula. Hanya beberapa Avengers yang tersisa, Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlet Johansson), Hulk (Mark Rufallo), Thor (Chris Hemsworth) dan War Machine (Don Cheadle) memikirkan berbagai cara memungkinkan untuk menghadapi Thanos dan merebut Infinity stone.

credit: imdb

Putus asa, terombang ambing di angkasa luar, Tony dan Nebula akhirnya berhasil diselamatkan oleh Captain Marvel (Brie Larson) yang membawanya kembali ke bumi.

Lima tahun dalam keputus asaan

Berbekal informasi yang didapat dari Nebula soal keberadaan Thanos, para jagoan Avengers ini berangkat menuju Garden, tempat dimana Thanos menghabiskan masa pensiunnya. Walau mereka berhasil menemukan Thanos, siapa yang menyangka, ternyata ke enam infinity stones itu sudah dilenyapkan sebelumnya oleh Thanos. Kesal karena ulahnya itu, Thor pun memenggal kepala Thanos hingga terputus yang berarti harapan untuk mengembalikan Avengers yang telah musnah lenyap seketika.

Lima tahun berlalu dengan keputus asaan. Sebagian orang mulai menjalani kehidupan baru, bahkan beberapa superhero memilih untuk menjalani hidup normal dan berusaha menerima kenyataan. Hingga harapan muncul saat Scott Lang; Ant Man (Paul Rudd) kembali ke bumi setelah terjebak di alam kuantum (film Antman & Wasp). Hingga munculah ide Scott untuk kembali merebut infinity stones yang telah dihancurkan oleh Thanos.

Kembali ke masa lalu

Pada mulanya tidak ada yang menyetujui ide Scott ini mengingat keterbatasan pengetahuan mereka tentang quantum realm. Satu-satunya orang yang paham mengenai quantum realm adalah Tony Stark yang sedang berselisih dengan Captain America dan tengah menghabiskan hari-harinya bersama keluarganya. Lewat bujukan para Avengers serta beban dosa yang harus ia bawa karena tidak berhasil melindungi Peter Parker; Spiderman (Tom Holland), Tony akhirnya mengiyakan untuk membantu mereka.

credit: imdb

Lewat mesin waktu yang diciptakan serta bantuan formula Hank Pym para avengers pun memulai petualangan mereka ke masa lalu untuk menelusuri keberadaan infinty stones untuk pertama kali. Masing-masing Avengers mengemban misi untuk membawa kembali infinty stones. Seperti Hulk yang harus menemui Ancient One (Tilda Swinton) untuk mengambil reality stone, Iron man dan Antman yang harus mengambil Tesseract yang didalamnya terdapat space stone. Captain America yang harus berjibaku dengan dirinya sendiri guna merebut mind stone. Ketiga batu ini kesemuanya berada di New York pada saat bersamaan. Sedangkan infinty stones yang lain ditugaskan kepada Thor & Rocket untuk mengambil reality stone yang berada di Asgard. Power stone yang berada di Morag menjadi tugas Nebula dan War Machine. Sedangkan soul stone yang berada di Knowhere menjadi tugas untuk Hawk eye dan Black widow.

Terbukanya portal ke masa depan

Ke-enam infinity stones ini memang berhasil didapat oleh para Avengers lewat perjalanan lintas waktu. Melalui jentikan jari Hulk pula, proses pembalikkan dilakukan. Tanpa sepengetahuan mereka, Thanos juga tengah mencari ke enam batu ini. Lewat bantuan Nebula dari masa lalu yang menyusup di Avengers ia berhasil membuka portal mesin waktu sehingga Thanos bersama pasukannya berhasil masuk ke masa sekarang dan menyerang markas.

Hancur dan porak poranda, para Avengers berusaha mati-matian agar infinty stones tidak kembali lagi ke tangan Thanos. Walau dikeroyok oleh the Avengers, Thanos ternyata masih sangat tangguh untuk bisa dikalahkan. Di film ini ini kita juga bisa melihat palu Mjolnir yang akhirnya bisa terangkat bukan hanya oleh Thor saja, melainkan oleh Captain America hingga mengeluarkan kekuatannya. Walau demikian, Captain America sendiri harus mengakui tidak mudah ternyata untuk menaklukan seorang Thanos.

Disaat kritis tersebut, munculah Avengers yang sebelumnya menghilang karena jentikan Thanos, sehingga mengobarkan kembali semangat Captain America . Belum lagi kehadiran Captain Marvel yang berhasil menghancurkan kapal besar milik Thanos dan pasukannya. Para Avengers kembali berperang melawan pasukan pasukan Thanos. Pada suatu kesempatan, Thanos berhasil merebut Gauntlet yang terlepas dari penjagaan Captain Marvel. Ironman memutuskan untuk menukar menukar gauntlet tersebut dengan yang lain. Tanpa disadari Thanos, infinity stones telah berpindah ke gauntlet milik Ironman. Pada kesempatan inilah, Ironman segera menjentikkan jarinya sehingga Thanos beserta seluruh bala pasukannya lenyap seketika.

Bukan sekedar kisah superhero

Film ini berhasil meramu cerita superhero dengan elemen lainnya, seperti narasi yang tertata apik atau segmen drama yang sengaja dimasukkan yang bukan hanya sebagai cameo saja di kisah ini akan tetapi memang merupakan nilai tambah yang diutamakan sehingga wajarlah jika film ini dinobatkan sebagai movie of the year, kelak! Menjelang penghujung film kita akan disuguhkan scene dimana seorang Tony Stark harus mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan kelangsungan hidup umat manusia, setelah sebelumnya juga para Avengers harus merelakan kepergian Black widow demi mendapatkan soul stone. Klimaksnya, beberapa karakter memang ada yang sengaja dipensiunkan yang secara reality memang kontraknya telah habis di MCU. Ada Captain America yang memilih menjadi manusia biasa dengan menjadi renta setelah kembali ke masa lalu demi menghabiskan sisa hidup bersama kekasihnya. Bagaimana dengan Avengers yang lain? Sebagian sengaja tidak diceritakan karena memang diproyeksikan akan muncul pada kisahsuperhero berikutnya.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *