Press "Enter" to skip to content

Passion di pekerjaan?

Apa sih passion itu?  Passion  adalah sesuatu yang tidak akan pernah bosan jika dikerjakan. Sesuatu yang anda minati. Bisa jadi yang anda kerjakan masih jauh dari sempurna, tapi kamu dengan senang hati memperbaiki pekerjaanmu.

Banyak orang yang bekerja berseberangan dengan minat mereka bukan berarti tidak punya skill

Setiap orang berharap bisa bekerja sesuai passion yang dimiliki agar bisa lebih menikmati apa yang dikerjakannya. Akan tetapi ketika dihadapkan dengan realita dan drama kehidupan sepertinya kita tidak punya alasan lain kecuali menerima pekerjaan tersebut. Bukan karena skill yang tidak mumpuni, tapi tersedianya lapangan pekerjaan yang serba terbatas menghambat keinginan seseorang untuk bekerja sesuai passion nya.

Kita ingat, sewaktu kecil saat masih sekolah, guru akan mengajukan pertanyaan “apa cita-cita kamu?” Beragam jawaban diungkap dan kita pun mulai berandai-andai, mau jadi pilotlah, polisilah, tentara, perawat, pengusaha, dokter dan sebagainya. Setelah lulus sekolah atau kuliah malah mendapat pekerjaan di bidang yang berseberangan atau tidak sesuai dengan passion kita.

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking.

Steve Jobs

Maka tidaklah mengherankan jika banyak karyawan mengajukan resign setelah beberapa tahun bekerja karena merasa tidak nyaman mengerjakan tugas-tugas kantornya, salah satu alasan yang paling mendasar yaitu tadi; passion. Sangat disayangkan memang, apalagi mencari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah sebabnya mengapa bekerja sesuai passion itu sangat penting. Lantas, apakah pekerjaan yang tidak sesuai passion tadi menjadi tidak berarti lagi? Mengutip pesan pendiri Apple yang mengatakan satu-satunya jalan untuk meraih prestasi adalah berusaha mecintai pekerjaanmu. Sepertinya pesan ini ada benarnya juga, terutama buat mereka yang tengah terjebak di pekerjaan yang bukan menjadi keinginannya.

Pencapaian luar biasa

Untuk sebagian orang yang bekerja bukan passionnya memang terasa melelahkan. Lelah karena hati nurani mereka bersinggungan dengan realita drama kehidupan yang sedang dijalaninya. Tapi tahukah kita bahwa saat mereka yang tengah bergelut dipekerjaan yang bukan merupakan minatnya itu sebenarnya mereka telah berhasil mengalahkan ego sehingga itu merupakan pencapaian yang luar biasa bagi mereka. Bagi anda yang tengah bekerja sesuai dipassion, berani tidak menempatkan diri di posisi mereka?

Jangan pernah membicarakan tentang passion ke orang-orang seperti ini, apalagi jika bidang pekerjaan yang semata-mata adalah mencari nafkah. Tetap bertahan dan tidak menyerah saja di bidang pekerjaan yang bukan minatnya itu sekali lagi adalah pencapaian tertinggi buat mereka.

Bekerja tidak sesuai passion bukan berarti tidak menerima keuntungan

Orang-orang di luar sana banyak yang bekerja pada passion-nya tapi tidak mendapatkan gaji yang worth it. Hal tersebut memaksa mereka untuk lebih realistis terhadap kehidupan dan harus menentukan pilihan. Memilih bertahan hidup dengan kerja yang bisa menjamin kehidupan atau mengikuti passion tapi tidak mendapatkan kehidupan yang layak.

Memahami artinya kesabaran

Banyak orang-orang yang bekerja tidak sesuai dengan minatnya. Memiliki passion bekerja di suatu bidang diminati malah mendapat pekerjaan yang berseberangan. Mungkin hal tersebut akan membuat kita kecewa, yang sudah dibangun sejak lama namun hasilnya malah tidak bekerja sesuai dengan passion-kita.

Tapi tahukah anda kalau bekerja tidak sesuai passion akan mengajari untuk mengerti artinya kesabaran. Belajar mengerti semua tidak harus sesuai dengan yang sudah direncanakan. Manusia hanya bisa berencana tapi bukan kehendak manusia yang menentukan. Cukup ikuti alurnya saja sembari mengasah skill dalam bidang yang berbeda.

Pada akhirnya semua ditentukan oleh pilihan kita masing-masing. Bekerja dibidang yang bukan passion kita memang terasa melelahkan, tapi bukan berarti tidak bisa sukses. Sebaliknya, mereka yang bekerja pada passionnya tidak selalu juga akan berbuah manis. Keduanya sama-sama memiliki nilai yang tinggi untuk diperjuangkan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *