Press "Enter" to skip to content

The Isle – Misteri hantu perempuan di pulau terpencil

Director: Matthew Butler-Hart
Writers:Matthew Butler-Hart, Tori Butler-Hart
Stars: Conleth Hill, Alex Hassell, Tori Butler-Hart


Mengambil latar tahun 1846 di sebuah pulau terpencil di lepas pantai barat Skotlandia, sebuah kapal dagang terhempas badai sehingga tenggelam. Hanya tiga orang awak kapal yang berhasil selamat dari musibah tersebut. Kapten Oliver Gosling (Alex Hassell), Cailean Ferris (Fisayo Akinade) dan Jim Bickley (Graham Butler). Menggunakan sebuah sekoci mereka terombang-ambing di lautan luas dengan minim perbekalan. Dalam kebingungan dan serba keterbatasan, akhirnya ketiganya berhasil menambatkan sekoci mereka di sebuah pulau yang diselimuti oleh kabut.

Tanpa diduga mereka disambut oleh Fingal MacLeod (Dickon Tyrrell) yang menawarkan bantuan dan tempat tinggal. Namun yang membuat ketiganya curiga adalah MacLeod selalu menghindari pertanyaan yang kerap ditanyakan; “bagaimana kita bisa keluar dari pulau?”
Semakin lama para pelaut tinggal di pulau itu, kejadian supranatural makin sering terjadi, apalagi saat Kapten Oliver Gosling (Alex Hassell) mengalami kilasan peristiwa mengerikan setelah membaca dari sebuah buku harian. Belum lagi kemunculan sekelebat bayangan perempuan yang terlihat oleh Cailean dan Jim Bickley. Melihat kondisi demikian, para kru mencari cara untuk keluar dari pulau tersebut.

Tatapan Lorna the Persephone

Namanya juga film horor ceritanya hampir bisa ditebak baik dari awal maupun pertengahan. Apalagi jika bertutur tentang sebuah pelarian. Seperti SOP di perusahaan, semua orang akan bisa menebak jika ada suatu adegan “Aku akan segera kembali”. Itulah yang terjadi pada Cailean yang ditemukan tewas mengenaskan. Dalam keputusasaan mereka untuk keluar dari pulau , Fingal akhirnya menceritakan tentang misteri “perempuan tenggelam” yang arwahnya selalu menghantui penduduk pulau itu. Kepingan puzzle pun berhasil disatukan.

Disutradarai dan ditulis pasangan Matthew Butler & Tori Butler-Hart, film Isle seperti miasma yang berbalut kesejukan. Alurnya yang maju-mundur dengan tingkat ketegangan yang menurut saya datar saja. Belum lagi misteri sosok Lorna si Persephone alias drowned woman yang asal-usulnya masih misteri buat saya. Kalau anda tipikal penikmat film yang selalu ingin tahu , film ini kurang cocok untuk ditonton. The Isle menyisakan banyak elemen teka-teki yang masih belum terjawab dan ditinggalkan begitu saja. Yang membuat saya masih setia menonton film ini hingga akhir adalah atmosfir pulau tempat film ini diambil. Terpencil, berkabut namun tenang walau menyisakan sekelumit kisah mistis.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!