Press "Enter" to skip to content

Bagaimana meningkatkan percaya diri dengan 6 cara

Memiliki rasa percaya diri adalah modal utama dalam bersosial. Kebayang kan, jika mau melakukan suatu pekerjaan kalau tidak ditunjang oleh pede kita bisa dipastikan pekerjaan itu tidak akan selesai pada waktunya atau malah tidak akan pernah dikerjakan karena kurangnya rasa percaya diri kita. Menjadi percaya diri mungkin tidak selalu membawa kesuksesan tetapi paling tidak memberi kekuatan untuk menghadapi tantangan seberat apa pun tantangannya. Berikut ini ada trik yang memungkinkan seseorang yang semula tidak punya percaya diri terkesan memiliki rasa percaya diri yang tinggi di mata orang. Walaupun pada kenyataannya kita itu tidak memiliki pede yang tinggi, namun secara psikologis orang lain akan beranggapan sebaliknya. Trik ini sangat berguna buat anda yang mungkin akan mengikuti interview saat melamar pekerjaan.

  1. Melakukan kontak mata. Ada ungkapan yang mengatakan mata adalah jendela jiwa seseorang. Dengan melakukan kontak mata kepada lawan bicara, memungkinkan anda untuk membuat koneksi secara tidak langsung untuk dapat dipercaya. Saat anda berbicara dengan seseorang atau di ruang rapat, tataplah orang-orang yang hadir dalam ruangan tersebut. Jika anda kesulitan untuk menatap mata seseorang, triknya adalah melihat  titik didaerah T antara pertemuan mata dan hidung.
  2. Melatih gestur. Pernah melihat posisi tubuh Superman saat sedang berdiri? Atau saat Wonder Woman hendak melawan musuh-musuhnya. Melatih gestur tubuh kita dengan berpose layaknya para superhero tadi akan membawa pengaruh kepada lawan bicara anda. Menurut Amy Cuddy, salah seorang peneliti bahasa tubuh di Universitas Harvard berpendapat bahwa berlatih “Pose Superman” atau “Wonder Woman pose” dalam waktu 2 menit sehari akan merubah persepsi otak anda menjadi lebih percaya diri dari yang anda pikirkan sebelumnya.
  3. In just 2 minutes a day, practising the “Superman pose” or “Wonder Woman pose”, research shows that it changes your brain’s perception of yourself, tricking your brain into believing that you are more confident than you might otherwise think you are.Caranya ialah dengan berdiri tegak, tangan di pinggang dan dada anda dibusungkan.
  4. Gunakan afirmasi positif. Afirmasi diri adalah pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu mengembangkan persepsi yang lebih positif terhadap diri anda . Kata-kata itu memiliki pengaruh kuat dari apa yang anda niatkan. Cukup dengan meditasi pagi setiap hari terbukti memengaruhi kinerja seseorang.
  5. Bicaralah dengan jelas dan tidak terlalu cepat. Orang-orang akan benar-benar menilai tingkat kepercayaan diri anda berdasarkan nada suara dan seberapa cepat anda berbicara. Luangkan waktu untuk memilih kata-kata dengan hati-hati. Ucapkan dengan jelas. Tidak hanya menunjukkan tingkat kepercayaan dan kecerdasan yang lebih tinggi, pendengar anda akan lebih sering terdorong untuk mendengarkan dan mengingat setiap kata yang anda ucapkan.
  6. Ingatkan kembali momen saat dimana anda percaya diri. Mengingat kembali kenangan pada saat anda berbicara dengan penuh percaya diri. Mengingat bagaimana rasanya merasa percaya diri mampu mengelola keadaan dengan lebih mudah.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *