Review IT (2017)

Plot

Kisah It dimulai di kota Derry dengan adegan  dua orang anak Bill dan Georgi yang sedang membuat perahu kertas. Bill menyuruh agar Georgi; sang adik membiarkan perahunya melaju disaat air hujan mengalir. Perahu tersebut melaju dengan cepat hingga Georgi tak melihat ada kayu penghalang didepannya. Ia pun terbentur hingga terjatuh. Georgi berusaha meraih perahunya yang telah masuk ke dalam selokan air. Di saat itulah ia bertemu dengan sosok badut yang membujuknya agar mau ikut dengannya. Singkatnya, Georgi ditarik dengan paksa masuk ke dalam selokan oleh sang badut tanpa ada seorangpun yang memperdulikannya.

pennywise
Pennywise the clown

Setahun berlalu, Bill tidak bisa melupakan peristiwa kehilangan adiknya tersebut.

The Looser club

Bill terobsesi bahwa adiknya masih hidup dan bisa ditemukan. Karena hal ini pulalah ia sempat dimarahi oleh sang ayah karena dianggap Bill tidak bisa move on dari peristiwa tersebut. Ia pun lalu mengumpulkan teman-temannya untuk menyelidiki hilangnya sang adik. Dan ternyata bukan adiknya sajalah yang menjadi korban, namun beberapa anak di kota Derry pun telah hilang secara misterius. Bersama Richard “trashmouth”, Eddi, Beverly, Stan, Ben dan yang terakhir Mike. Merekapun akhirnya membentuk geng yang diberi nama Loser Club. Dari sini bisa diterka, jika mereka adalah sekumpulan anak-anak yang selalu dibully oleh anak-anak lain. Misalnya saja ketika Bill, Eddy, Richard & Stan harus selalu dilecehkan oleh Geng Bowers. Ada juga Ben yang selalu menghindar dari kejaran mereka hingga akhirnya ia pun harus berusaha menyelamatkan diri dari perlakuan sadis Henry Bowers. Atau sosok Mike yang selalu ketakutan jika berpapasan dengan geng tersebut.

Pennywise

Berdasarkan literatur yang dibaca Ben di perpustakaan, diketahui bahwa peristiwa hilangnya anak-anak ini telah lama terjadi selama beberapa puluh tahun silam dan terjadi setiap dua puluh tujuh tahun sekali. Mereka mengetahui juga bahwa penculik anak-anak ini dilakukan oleh sosok badut yang bernama Pennywise yang kerap meneror anak-anak Loser Club dalam setiap ketakutan mereka. Dengan berbekal informasi tersebut diyakini bahwa Pennywise ini tinggal di sebuah sumur di dalam rumah yang telah terbengkalai di jalan Nebolt.

Nebolt house
Loser Club di Nebolt house

Dengan bersenjata, anak-anak Loser Club berangkat menuju Nebolt house. Perkelahianpun tak dapat dihindari lagi. Satu persatu anak-anak the Losers harus berhadapan dengan ketakutan mereka yang diciptakan oleh Pennywise. Merekapun harus berusaha keras mengalahkan rasa takut mereka masing-masing. Sampai akhirnya Bill mengetahui kelemahan Pennywise adalah membuat takut Pennywise itu sendiri dengan keberanian mereka.

Review

It merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Stephen King. Pada tahun 1990 cerita ini pernah diangkat ke layar televisi dengan judul sama dalam bentuk seri. Harus saya akui pula bahwa film ini cukup membuat saya jantungan. Kemunculan sosok Pennywise dibeberapa adegan yang tak diduga menjadikan film ini cukup menegangkan dan layak untuk ditonton untuk para horrorgoers. Akting para pemerannya pun bisa dibilang memukau. Baik pemeran anak maupun si Pennywise itu sendiri. Wajar jika disitus rottentomatoes lebih dari 80% pemirsa menyukai film ini. Hanya saja, ada beberapa adegan kekerasan yang secara ekplisit terpaksa harus ditampilkan. Terutama saat adegan bullying the Bowers terhadap Ben di jembatan. Atau juga saat Mike yang hendak di tembak oleh Henry Bower.

Walau pemeran anak-anak sebagai tokoh utamanya, beberapa adegan dan percakapannya pun sangat tidak layak disaksikan dan juga ditiru oleh anak-anak. Selebihnya lagi sosok Pennywise ini tidak diketahui asal muasalnya, apakah ia sosok iblis? Alien? Atau manusia setengah iblis? Ada juga kelanjutan tubuh yang melayang di sumur yang masih ambigu. Namun paling tidak, It telah cukup menampung ekspektasi para pecinta horor, baik dari segi cerita maupun segi aksinya.

Director : Andy Muschietti
Writers  : Chase Palmer, Cary Joji Fukunaga, Gary Dauberman
Stars       : Bill SkarsgårdJaeden MartellFinn Wolfhard
Horror
R
02:15
2017
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 3]

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!